5 Manfaat Menunaikan Zakat Bagi Kesehatan Mental Muzakki

Indoscholars - Setiap muslim tentu mengharapkan dirinya mampu menjadi pribadi muslim yang taat. Salah satu ajaran yang tidak bisa ditinggalkan seorang muslim adalah menunaikan zakat. Ada banyak sekali manfaat zakat, baik bagi yang menerima maupun yang memberi. 

Manfaat yang mudah dilihat dari zakat ataupun sedekah pada umumnya adalah terbantunya orang-orang yang kurang mampu sehingga kebutuhan pokoknya bisa terpenuhi. Namun di sisi lain manfaat dari zakat yang tidak bisa disepelekan adalah manfaat dari sudut pandang psikologis. 

Apabila dilihat dari kacamata awam, seolah-olah manfaat dari zakat yang paling besar merasakan adalah pihak yang menerima. Padahal justru sebaliknya, pihak Muzakki atau yang memberikan zakat adalah yang paling besar merasakan manfaatnya.

Dari sudut pandang materi memang harta nampak berkurang, namun ada banyak manfaat besar yang bisa didapat dari sudut pandang psikologis atau mental.

Apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh Muzakki secara psikologis, simak uraian singkat berikut ini. 

Memunculkan Rasa Kepuasan

Aktivitas seperti zakat ataupun sedekah memberikan dampak yang kuat bagi mental. Yang pertama adalah hadirnya rasa puas atau lega pada diri si pemberi. Terlebih lagi bila dipahami bahwa zakat adalah kewajiban dalam beragama, maka ketika zakat telah ditunaikan akan muncul kepuasan yang lebih besar. 

Menciptakan Kebahagiaan

Tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah. Ketika seseorang bisa memberi sesuatu pada orang lain, maka akan tercipta rasa bahagia. Rasa ini muncul karena asas pada setiap manusia memiliki jiwa sosial suka memberi. 

Menambah Rasa Syukur

Terdapat suatu penelitian dimana salah satu metode healing yang baik adalah bersyukur atas segala sesuatu yang dimiliki. Seseorang yang membayar zakat atau bersedekah adalah pribadi yang bersyukur dan akan bertambah syukur saat mendapat kelebihan rezeki. 

Memberikan Ketenangan

Kebutuhan fundamental setiap manusia adalah merasakan ketenangan. Menunaikan zakat atau beramal lainnya akan memberikan ketenangan pada jiwa. Maka tidak heran jika saran yang diberikan untuk mendapatkan ketenangan adalah dengan banyak memberi. 

Mengurangi Resiko Stress

Siapapun tentu ingin terhindar dari resiko stress. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah tunaikan zakat dan sedekah. Sebab ketika seseorang memberi terlebih sesuatu yang disukai, maka peluang untuk overthinking akan lebih kecil.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari berzakat atau sedekah. Di era digitalisasi seperti saat ini, kita bisa berzakat atau beramal dengan mudah.

Bagi Anda yang ingin menunaikan zakat dengan mudah, Anda bisa rasakan kemudahan berzakat melalui GoAmal.org. GoAmal.org merupakan platform donasi online dari BSI Maslahat.

Jadi tunggu apa lagi, yuk tunaikan zakat sekarang melalui GoAmal – Beramal dengan Maksimal. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Menunaikan Zakat Bagi Kesehatan Mental Muzakki"

List Blog Keren Rajabacklink