Jangan Abai, Sakit di Telapak Kaki Perlu Ditangani Secara Tepat

Indoscholars - Banyak masyarakat kita yang abai pada kesehatan tubuh. salah satu yang sering diabaikan adalah sakit atau nyeri di bagian telapak kaki. Seringkali rasa sakit ini dianggap angin lalu dan akan sembuh dengan sendirinya. 

Faktanya nyeri yang dirasa di bagian telapak kaki terkadang merupakan sinyal adanya gangguan kesehatan di tubuh, terlebih lagi jika hal tersebut telah berlangsung cukup lama dan sering kambuh.

Meski bisa saja rasa sakit itu muncul di seluruh bagian telapak kaki, tapi terkadang sakit juga bisa muncul pada bagian kaki tertentu, contohnya saja tumit, jari-jari kaki, atau sekitar pergelangan kaki. Munculnyapun bisa hanya di salah satu kaki (kanan atau kiri), namun juga bisa di keduanya dalam satu waktu.

Penyebab Sakit Pada Telapak Kaki

Sakit pada telapak kaki bisa saja terjadi akibat aktivitas kita sehari-hari. Seperti terlalu lama berdiri, berjalan dan juga berlari. Untuk faktor secara umum seperti ini tentunya tidak berbahaya dan bisa segera sembuh dengan seiring dengan perbaikan aktivitas keseharian.

Namun, disamping faktor umum tersebut, telapak kaki sakit juga bisa disebabkan karena adanya gangguan di jaringan pada kaki, seperti: otot, tulang, ligamen, saraf atau kulit.

Berikut ini beberapa penyebab spesifik munculnya sakit pada kaki. Apa saja penyebabnya? Simak penjelasan dibawah ini.

Kapalan

Kapalan merupakan kondisi dimana terdapat lapisan kulit yang mengalami penebalan. Kapalan muncul dalam wujud benjolan keras di kaki yang lazimnya merupakan mekanisme kulit untuk melindungi lapisan bawah kulit dari gesekan dan tekanan dari luar.

Kapalan terkadang bisa menyebabkan sakit pada telapak kaki terutama ketika bagian kaki yang kapalan digunakan untuk berjalan dan tertekan.

Pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari nyeri pada telapak kaki karena kapalan adalah dengan memakai sepatu berukuran pas dengan kaki, memilih sepatu atau sandal yang beralas kaki nyaman dan lembut, dan juga mengurangi pemakaian sepatu hak tinggi.

Metatarsalgia

Metatarsalgia secara medis diartikan sebagai rasa sakit atau juga perih seperti ada sensasi terbakar pada bagian depan kaki.Metatarsalgia lebih sering terjadi pada orang yang memiliki berat badan berlebih, bisa juga akibat dari melakukan olahraga berat tanpa sepatu yang sesuai, penyebab lain yaitu sering memakai sepatu yang sempit dalam waktu yang cukup lama.

Kasus seperti metatarsalgia ini dapat ditangani dengan meminum obat pereda nyeri, istirahat yang cukup, dan kompres kaki dengan air dingin. Untuk mencegahnya kambuh kembali, kamu dialsarankan untuk memakai sepatu yang nyaman dan pas tanpa high heels.

Bunion

Bunion atau dikenal dengan istilah bintal kaki adalah kondisi ketika munculnya benjolan tulang pada sendi jempol kaki, yang biasanya disertai dengan rasa nyeri dan ada warna kemerahan di atas benjolan tersebut.

Kondisi ini akan membuat jempol menekan jari kaki lainnya, sehingga akan timbul rasa sakit pada telapak kaki. rasaTerbentuknya bunion dapat disebabkan oleh cacat bawaan pada struktur kaki atau juga radang sendi kaki.

Tegang Otot dan Keseleo

Kaki yang keseleo ataupun otot yang tegang bisa juga menyebabkan sakit pada bagian telapak kaki. Cedera ini biasa terjadi akibat terkilir atau terjatuh. Meskipun cedera ini akan membuat kaki memar, bengkak dan nyeri, kondisi ini akan membaik selama beberapa hari kedepan.

Penyakit Asam Urat

Adanya penumpukan kristal asam urat di bagian persendian bisa menyebabkan kaki seperti memar, bengkak dan terasa panas ketika disentuh. Hal ini karena adanya peradangan di area kaki. Bahkan asam urat yang tinggi bisa membuat kaki kesulitan digunakan untuk berjalan.

Mengurangi nyeri ini bisa dengan cara meminum obat pereda nyeri, penurun asam urat, kompres dengan air dingin, dan juga istirahat yang cukup. Makanan yang bergizi dan menghindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol akan sangat membantu proses penyembuhan.

Rheumatoid Arthritis

Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit autoimun yang menyerang sendi-sendi tubuh, diantaranya persendian tangan dan kaki. Bila tidak ditindaklanjuti, peradangan ini bisa berakibat pada pengikisan tulang. Untuk itu ketika persendian merasakan nyeri kaku hingga bengkak dan sulit digerakan, berkonsultasi dengan dokter yang tepat adalah cara yang bijak.

Neuropati Perifer

Penyakit ini adalah jenis penyakit yang menyerang sistem saraf tepi (perifer). Neuropati perifer bisa disebabkan oleh banyak aspek, diantaranya: kekurangan vitamin B, cedera saat beraktivitas, infeksi, kelainan fungsi organ lain, penyakit penyerta (diabetes atau autoimun), dan yang lainnya.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa tidak selalu rasa nyeri yang terjadi di telapak kaki merupakan sesuatu yang berbahaya. Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri namun tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Terlebih lagi bila kita menyadari ada aktivitas dan pola hidup kita yang kurang baik.

Adapun untuk rasa nyeri yang sering kambuh dan telah terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama, segera konsultasi ke dokter adalah pilihan yang tepat. Hal ini akan membuat kemungkinan buruk bisa segera tercegah. Mengetahui penyebab dan memberikan penanganan yang tepat dengan segera tentu lebih baik.

Posting Komentar untuk "Jangan Abai, Sakit di Telapak Kaki Perlu Ditangani Secara Tepat"