Ingin Taklukkan IELTS Lebih Mudah? Lakukan 6 Tips Ini


Indoscholars - Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, tentu pembahasan tentang IELTS lebih akrab di telinga. Hal ini karena IELTS merupakan salah satu syarat administrasi untuk bisa mendaftar.

The International English Language Testing System atau yang lebih sering kita sebut dengan IELTS, adalah serangkaian proses ujian untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang.

Kemampuan yang diujikan ini antara lain listening, reading, speaking dan juga writing. Meski di sekolah telah diajarkan materi bahasa Inggris, untuk mengetahui IELTS tetap diperlukan kursus bahasa Inggris.

Dalam mempersiapkan tes IELTS, kursus bahasa Inggris adalah cara yang paling banyak diambil. Meski begitu kamu tetap memerlukan beberapa strategi dibawah ini. Simak hingga akhir ya!

Mendengar Berbagai Aksen Bahasa Inggris

Ujian pertama yang diberikan ketika tes IELTS adalah ujian listening atau mendengar. Di dalam ujian listening terdapat beberapa kategori soal dengan tema yang beragam.

Kamu perlu lebih rajin mendengar bahasa Inggris dari berbagai aksen. Mulai dari aksen orang Inggris, orang Amerika, orang Australia ataupun orang New Zeland.

Cara yang bisa mempermudah upaya ini yaitu dengan cara mendengarkan podcast. Menonton film berbahasa Inggris juga bisa membantu kamu lebih mudah menyerap kosakata baru.

Baca Petunjuk dengan Teliti

Setiap soal memiliki petunjuk yang berbeda. Apabila kamu mengabaikan petunjuk itu, maka akan ada kemungkinan kamu menjawab soal dengan keliru.

Ketika ada petunjuk "no more than two words" (tidak lebih dari dua kata) maka jawaban yang benar bisa jadi hanya satu atau dua kata, tidak mungkin tiga kata.

Latihan Rutin

Terus berlatih akan membuat kamu lebih akrab dengan aturan masing-masing ujian. Disamping itu kamu bisa lebih baik dalam memanfaatkan waktu ketika ujian yang sebenarnya dilakukan.

Pilih Strategi Terbaik

Di setiap kompetensi yang diujikan, masing-masing punya tantangan tersendiri. Kamu perlu menemukan pola terbaik yang cocok untukmu. Mengingat setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda.

Menulis dengan Luwes

Speaking dan juga writing sebenarnya menjadi dua hal yang saling berkaitan erat. Sebagaimana kamu santai ketika berbicara, maka sebaiknya itu juga kamu lakukan ketika menulis.

Kebanyakan orang merasa kesulitan di bagian writing. Hal ini karena di bagian writing atau menulis, kamu akan dihadapkan dengan soal tentang suatu topik. Maka menulis dengan santai dan luwes akan membuat tulisanmu lebih nyaman dibaca.

Cari Teman Belajar Bersama

Memiliki teman yang senang belajar akan membuat kamu lebih semangat. Teman yang antusias belajar bahasa Inggris akan sangat membantu untuk latihan speaking.

Mintalah temanmu untuk melakukan dialog seperti seorang penguji ketika tes speaking. Hal ini akan membuat kamu punya lebih banyak bahan untuk speaking.

Dari sekian banyak tes bahasa, kursus IELTS memang memiliki perbedaan tersendiri. Kamu tidak sekedar belajar bahasa Inggris, tapi kamu juga belajar banyak topik dan strategi secara bersamaan.

Kamu bisa mendapatkan informasi seputar kursus bahasa Inggris ini di platform seperti Schoters. Schoters bisa membantu kamu mendapatkan band score terbaikmu.

Schoters memiliki banyak keunggulan mulai dari tutor yang berpengalaman, kurikulum yang terpercaya hingga gratis simulasi tes IELTS. Jadi tunggu apa lagi, klik website Schoters sekarang juga.

Posting Komentar untuk "Ingin Taklukkan IELTS Lebih Mudah? Lakukan 6 Tips Ini"

List Blog Keren Rajabacklink