Pahami 5 Tips Ini, Sebelum Memulai Bisnis Online

Indoscholars - Pernah dengar istilah "say no before trying"? Istilah ini sering dipakai para motivator untuk meningkatkan semangat kita dalam memulai segala sesuatu yang baik. Termasuk untuk memulai suatu bisnis atau usaha baru bagi para pemula. 

Tidak ada yang sulit selagi kita tahu cara memulai bisnis online bagi pemula. Meski ada banyak versi namun setidaknya lima tips dibawah ini adalah hal yang paling penting untuk kamu persiapkan. Simak penjelasan dibawah ini hingga tuntas.

Pahami Pasar

Sebelum memulai sebuah usaha sebaiknya kita mengetahui kondisi riil pasar. Hari ini penting guna membantu kita lebih siap dalam menentukan langkah selanjutnya. Pasar akan sangat menentukan keberhasilan dari suatu usaha.

Barang sebagus apapun tidak akan laku apabila tidak pada pasar yang tepat. Begitu juga dengan barang yang sebenarnya biasa saja namun ketika berada di pasar yang tepat akan mendapatkan pelanggannya sendiri.

Melakukan riset pasar kecil-kecilan akan sangat membantu kita untuk menentukan kebutuhan pasar. Adalah penjual yang mengerti apa kebutuhan konsumen. Para pebisnis harus jeli melihat hal ini.

Ada beberapa cara untuk mengetahui kondisi pasar. Berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa kamu terapkan sebelum memulai bisnis Online.

Pertama, bertanya pada konsumen. 

Meski terkesan sepele hal ini sangat penting untuk mengetahui kebutuhan pasar. Cara riset pasar Ini adalah cara yang paling mudah. Dengan mengerti apa yang menjadi kebutuhan konsumen kita bisa menentukan apa yang bisa kita tawarkan.

Kedua, perbanyak referensi.

Cara kedua adalah dengan membaca banyak buku atau majalah berkaitan dengan dunia pasar atau ekonomi. Ketika kita memiliki banyak referensi kita akan lebih siap menjadi solusi melalui produk yang kita jual.

Ketiga, jadilah pelanggan.

Ketika kita menjadi pelanggan kita akan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. Ketika menjadi konsumen di sebuah toko, kita bisa mempelajari bagaimana cara melayani, promosi, dan yang lainnya.

Pahami Mekanisme Bisnis Online

Memahami seluk beluk bisnis online adalah hal wajib dipelajari bagi pemula. Hari ini penting dilakukan untuk menghindari kesalahan yang akan merugikan kita ketika menjalankan bisnis.

Bisnis yang dilakukan secara online berbeda dengan bisnis yang dilakukan secara langsung tatap muka. Perbedaan mendasarnya adalah adanya perantara antara penjual dan pembeli.

Tentukan terlebih dahulu media apa yang digunakan, apakah website sendiri atau platform marketplace. Platform marketplace sendiri ada banyak pilihan. Memahami masing-masing akan membuat kita lebih tepat dalam memilih.

Atur Strategi Marketing

Pemasaran atau bahasa kerennya marketing adalah kunci dari keberhasilan suatu usaha bisnis perdagangan yang kita lakukan. Produk yang bagus tapi tidak bisa dipasarkan dengan baik maka hasil yang didapat juga kurang optimal.

Strategi Marketing sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara dan tahapan. Mulai dari membuat konten yang menarik, mengajak influencer untuk promosi, hingga membagikan informasi seputar produk kita di berbagai media sosial yang kita miliki.

Pilih Nama yang Sesuai

Nama brand adalah sesuatu yang pertama kali ingat oleh konsumen. Pemilihan nama band harus benar-benar diperhatikan sejak awal. Apabila kita lalai di awal akan sangat kesulitan apabila suatu saat ingin mengubah nama brand menjadi nama yang baru.

Sebaiknya pilih nama print yang sesuai dengan produk yang kita jual. Nama yang dipilih sebaiknya bukan nama yang terlalu panjang. Pilihlah nama yang singkat, mudah diingat akan tetapi menggambarkan ciri khas produk yang kita miliki.

Mempersiapkan Diri

Persiapan yang dilakukan bukan hanya sebatas persiapan teknis melainkan juga persiapan diri dan mental. Kita harus mempersiapkan untuk membagi waktu, memeras otak hingga melatih mental.

Meski terlihat berlebihan namun mempersiapkan diri akan sangat membantu kita dalam menjalani bisnis. Sebagaimana roda yang terus berputar bisnis bisa menjadi naik namun ada saat di mana bisnis bisa jadi turun.

Betapa banyak kita temui para pelaku usaha yang berhenti di tengah jalan akibat mental yang tidak siap sejak awal. Para pebisnis harus mengetahui karakter diri agar bisa bertumbuh dan berkembang.

Demikian 5 tips yang sangat penting untuk diperhatikan bagi kamu yang berkeinginan memulai bisnis Online. Dengan menerapkan tips di atas diharapkan kamu akan semakin siap dalam menjalankan bisnis andalan kamu.

Bagi kamu yang ingin mengetahui berbagai tips lainnya kamu bisa kunjungi blog.mokapos.com sebagai salah satu blog yang menyediakan berbagai informasi seputar bisnis dan strateginya.

Posting Komentar untuk "Pahami 5 Tips Ini, Sebelum Memulai Bisnis Online"

List Blog Keren Rajabacklink