Ingat! Jangan Sepelekan 7 Larangan Saat Haid Berikut Ini

larangan saat haid

Indoscholars – Menstruasi adalah tamu bulanan yang datang secara rutin pada perempuan. Saat mengalami menstruasi atau haid, beberapa perempuan terkadang mengalami kram pada perut. Tidak jarang juga yang disertai dengan nyeri payudara, kembung hingga mood swing.

Untuk itu penting mengetahui apa saja larangan saat haid agar selama haid berlangsung gejala-gejala tersebut tidak muncul. Sebab bagaimanapun juga kram perut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan ada beberapa perempuan yang harus berdiam diri diatas kasur akibat nyeri yang dirasakan.

Berikut ini 7 larangan yang harus diperhatikan saat haid. Apa saja hal 7 tersebut? Simak penjelasan dibawah ini hingga akhir.

Makanan Asin

Hal yang seringkali terjadi saat haid adalah nafsu makan meningkat. Namun tidak semua makanan bisa dikonsumsi begitu saja. Makanan asin adalah salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari ketika sedang mestruasi.

Makanan asin mampu mendorong retensi air yang bisa membuat kembung dan kram perut menjadi lebih buruk. Terlebih lagi bila makanan asin ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Makanan yang mengandung kacang-kacangan dan sayuran hijau lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Konsumsi Kafein

Bagi kalian para ladies pecinta kopi, mungkin sebaiknya mengurangi ngopi selagi haid. Akan lebih baik bila tidak mengkonsumsinya ketika haid. Kafein memang tidak hanya dari kopi, minuman seperti teh dan soda pun juga mengandung kafein meski tidak sebesar kopi.

Alasan mengapa kafein tidak dianjurkan dikonsumsi ketika haid adalah karena kafein bisa mempengaruhi hormone seks perempuan sehingga berefek pada menurunnya aliran darah pada rahim.

Malas Gerak ‘Mager’

Godaan besar bagi perempuan ketika haid adalah berdiam diri dan tidak melakukan aktivitas apapun. Meski menyenangkan berada diatas kasur seharian, namun hal ini tidak begitu baik bagi keseimbangan tubuh.

Tubuh juga perlu melakukan sedikit pergerakan agar mengurangi kram ataupun nyeri yang dirasakan. Olahraga ringan juga akan bermanfaat bagi mental sehingga suasana hati menjadi lebih baik. Apabila suasana hati baik, maka hari-hari yang dilalui akan lebih cerah.

Konsumsi Susu Berlebihan

Selain makanan asin dan juga minuman yang mengandung kafein, menngkonsumsi susu atau juga produk olahan susu lainnya sebaiknya juga dihindari. Susu dapat membuat perut terasa penuh karena adanya kandungan gas didalamnya. Saat kembung dirasakan, sebaiknya susu dihindari untuk dikonsumsi.

Begadang

Dalam keadaan haid ataupun tidak, begadang memang sebaiknya dihindari. Begadang sesekali karena sesuatu yang penting memang diperbolehkan. Namun selama haid, begadang akan meningkatkan hormon stress kortisol.

Hal ini bisa menyebabkan adanya ketidakseimbangan hormon yang bisa membuat gejala sebelum haid terasa tidak nyaman. Tidur cukup akan memulihkan tenaga dan membuat tubuh beristirahat dengan baik.

Merokok

Dalam dunia kesehatan, merokok memang merupakan suatu tindakan yang tidak baik. Terlebih lagi bila merokok dilakukan ketika haid. Sebuah penelitian membuktikan bahwa perempuan yang merokok akan cenderung mengalami dismenore yang memiliki tingkatan lebih sakit daripada yang tidak merokok.

Malas Ganti Pembalut

Mengganti pembalut secara berkala sangatlah penting. Hal ini penting guna menjaga kebersihan pada organ kewanitaan. Namun terkadang karena faktor satu dan lain hal, beberapa perempuan malas mengganti pembalutnya. Alasannya beragam, bisa karena sibuk atau bahkan sengaja.

Mengganti pembalut akan mencegah tumbuhnya bakteri dan juga jamur. Meski dirasakan pembalut belum penuh, namun mengganti pembalut secara teratur tetap harus dilakukan. Selain itu penting untuk memilih pembalut yang nyaman bagi kalian.

Itulah penjelasan tentang beberapa larangan saat haid yang harus dihindari. Bagi kalian yang ingin mendapat informasi seputar perempuan ataupun mestruasi, kalian bisa gabung di platform Charm Girl’s Talk. Kalian bisa berdiskusi dan mendapatkan wawasan baru yang menarik nantinya. Selamat bergabung!

Posting Komentar untuk "Ingat! Jangan Sepelekan 7 Larangan Saat Haid Berikut Ini"

List Blog Keren Rajabacklink