Berburu Beasiswa Kuliah? Pantau 4 Beasiswa Dari Pemerintah Indonesia Berikut Ini

Indoscholars – Adakah diantara kalian yang memiliki keinginan untuk kuliah tinggi namun dibuat bimbang oleh pertimbangan biaya? Jika iya, kamu perlu berkenalan dengan beasiswa-beasiswa yang ada.

Da banyak beasiswa yang tersedia bagi para pelajar. Salah satu yang terbaru adalah Beasiswa LPDP tahap 2. Selain itu ada banyak sekali jenis beasiswa yang diberikan pada para pelajar tanah air untuk bisa menempuh pendidikan lebih tinggi lagi.

Beasiswa datang dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga swasta. Berikut ini ada 4 jenis beasiswa yang diberikan pada putra putri bangsa dari pemerintah Indonesia yang perlu kamu ketahui. Apa saja? yuk simak artikel ini hingga akhir.

Pertama, Beasiswa DIKTI (Kemenristekdikti)

Program yang ditawarkan oleh Beasiswa DIKTI ini ada banyak jenisnya mulai dari beasiswa S1, beasiswa S2 dan juga beasiswa S3. Tunjangan yang bisa didapatkan oleh penerima beasiswa ini adalah bisaya selama pendidikan, biaya hidup dan juga biaya untuk keberangkatan.

Karena terdapat beasiswa untuk S2 dan S3, beasiswa ini pun tidak hanya untuk calon mahasiswa, ta[i juga mahasiswa hingga dosen atau bahkan tenaga kependidikan lainnya. Meski begitu, untuk beasiswa pendidikan diluar negeri, yang bisa menerima adalah dosen dan tenaga kependidikan saja.

Perguruan tinggi yang bisa dipilih pun adalah perguruan tinggi yang telah memenuhi standart yang telah ditetapkan oleh DIKTI. Dengan begitu universitas yang dipilih adalah universitas ternama yang berstandar internasional.

Kedua, Beasiswa Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia atau yang disingkat kemendikbud juga menawarkan bantuan biaya pendidikan bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Beasiswa yang ditawarkan meliputi beasiswa untuk pendidikan S1, S2, serta S3.

Sama halnya dengan beasiswa sebelumnya, Beasiswa Kemendikbud juga menyediakan opsi perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Salah satu diantaranya adalah Beasiswa Masyarakat Berprestasi yang bisa diakses untuk pendidikan di luar negeri.

Meski dibuka hanya dua tahun sekali, namun fasilitas yang bisa didapatkan apabila berhasil menerima beasiswa ini adalah biaya untuk pendidikan, penelitian, buku, visa, biaya hidup, tunjangan keberangkatan hingga biaya asuransi.

Ketiga, Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini memang secara khusus diperuntukkan bagi para santri yang berprestasi untuk bisa menempuh pendidikan lebih tinggi lagi. Beasiswa ini merupakan program dari Kementerian Agama bagi santri yang memenuhi syarat.

Bantuan yang diberikan mulai dari biaya pendidikan hingga pembinaan pengabdian bagi sntri yang telh lulus pendidikan. Untuk program ini, Kemenag telah bergandengan dengan univeristas-universitas di seluruh Indonesia.

Bagi kalian yang merupakan pelajar dari sekolah agama seperti Madrasah Aliyah atau juga pesantren, beasiswa ini bisa menjadi jalan untuk mendapatkan fasilitas pendidikan tinggi.

Keempat, Beasiswa LPDP

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Sesuai namanya, beasiswa ini diberikan oleh LPDP yang merupakan lembaga dibawah naungan Kementerian Keuangan. Lembaga ini selalu konsisten memberikan bantuan bagi generasi muda.

Jenjang pendidikan yang ditawarkan oleh lembaga pemerintahan ini yaitu S1, S2 dan S3. Kalian juga bisa memilih untuk pendidikan diluar negeri selama memenuhi syarat yang diajukan oleh LPDP. Syarat yang pasti adalah sertifikat berbahasa asing dari lembaga bersertifikasi.

Beasiswa yang diberikan meliputi biaya untuk pendidikan, biaya hidup, biaya untuk perjalanan, visa, hingga asuransi. Untuk penerima beasiswa yang telah berkeluarga, LPDP juga memberikan tunjangan keluarga selama pendidikan.

Untuk Beasiswa LPDP sebentar lagi akan dibuka pendaftaran LPDP tahap 2. Bagi kamu yang penasaran dengan beasiswa pemerintah Indonesia ini, bisa kunjungi artikel dari Schoters https://blog.schoters.com/cek-deadline-beasiswa-lpdp-2021-tahap-2/.

Schoters merupakan sebuah platform digital yang bisa membantu kalian mendapatkan informasi seputar kuliah di luar negeri. Kalian juga bisa mendapatkan bimbingan bahasa sebelum kalian mencoba untuk mendaftar beasiswa.

Itulah penjelasan singkat tentang beasiswa dari pemerintah Indonesia. Jangan lupa untuk terus memantau informasi terkini seputar beasiswa yang kalian incar di website resmi. Semoga berhasil!

Posting Komentar untuk "Berburu Beasiswa Kuliah? Pantau 4 Beasiswa Dari Pemerintah Indonesia Berikut Ini"

List Blog Keren Rajabacklink