4 Tips Nyaman Menggunakan Kacamata Virtual Reality

Indoscholars - Menggunakan perangkat kacamata virtual reality (VR) untuk bermain game tentu merupakan hal yang seru dan asyik. Bukan tidak mungkin kita bisa bermain game selama berjam-jam. Memakai kacamata VR selama berjam-jam tentu akan memberikan pengaruh pada tubuh.

Dalam faktanya, penggunaan kacamata VR yang tidak tepat akan membuat kita mengalami masalah kesehatan. Bahkan adakalanya pengguna mengalami mabuk pasca bermain game. Gejala yang muncul terkadang berupa mual, pusing hingga bingung.

Maka penting bagi setiap pengguna untuk memperhatikan kenyamanan selama menggunakan perangkat VR ini. Kita ketahui bahwa setiap perusahaan VR terbaik akan memproduksi perangkat yang nyaman untuk para pengguna.

Namun dengan mengetahui tips dibawah ini tentu akan membantu kamu untuk lebih menikmati perangkat virtual reality ini. Berikut 4 tips yang perlu kamu perhatikan untuk bisa merasa nyaman selama dan pasca penggunaan kacamata VR.

Selektif Memilih Konten

Setiap tahunnya penikmat konten di Virtual Reality mengalami peningkatan jumlah. Semakin bertambahnya antusiasme para konsumen, tentu akan memantik para pembuat konten untuk menghasilkan konten yang semakin banyak.

Meski setiap waktunya jumlah konten semakin bertambah, namun tetap saja ada beberapa konten yang kurang dari segi kualitas. Salah satunya adalah resolusi video yang rendah. Konten untuk virtual reality tentu berbeda dngan konten biasa, sebab konten ini harus menyuguhkan video yang mampu dilihat dari sudut 360 derajat.

Untuk itu disarankan untuk memilih konten dengan kualitas dan juga resolusi tinggi yang tersedia di store secara resmi sesuai dengan merk dari perangkat Virtual Reality yang kamu punya. Hal ini akan menambah kenyamanan kamu dalam menikmati teknologi ini.

Pilih Perangkat Spesifikasi Unggul

Terdapat banyak tipe dari perangkat kacamata VR, mulai dari yang paling murah hingga yang harganya menjulang tinggi. Meskipun harga murah, belum tentu menunjukkan kualitas barang yang murahan. Namun untuk perangkat VR, kamu perlu menghindari perangkat yang dijual dengan harga sangat murah.

Perangkat yang berkualitas baik akan menyediakan fitur untuk mengatur ukuran dan jarak lensa, sehingga peluang untuk pusing dan mual bisa dihindari. Memilih kacamata dengan spesifikasi tinggi akan membuat mata kita lebih nyaman, terlebih jika kita bisa mengatur tingkat kecerahan perangkat.

Bermain VR Secara Sadar

Bermain game dengan kacamata VR akan membuat penggunanya menganggap segala sesuatu yang dilihat merupakan kenyataan. Untuk itulah memberikan kesadaran bahwa saat itu kamu sedang bermain VR akan menghindarkan diri dari efek samping terutama pasca penggunaan.

Bagi seseorang yang terbiasa memakai VR tentu efek seperti pusing tidak akan menjadi masalah berarti. Namun bagi pemula, menerapkan pemahaman bahwa apa yang ditonton di VR merupakan efek video akan sangat membantu mengurangi pusing ketika selesai menggunakan perangkat.

Duduk Saat Penggunaan Perangkat

Meskipun di VR kita memilih permainan yang banyak gerakannya, ada baiknya posisi tubuh kita tetap pada posisi duduk. Dengan tetap duduk di sofa, tubuh akan lebih aman dari gejala seperti pusing. Meskipun posisi berdiri juga tidak dilarang, namun pastikan bahwa tubuh tidak melakukan gerakan yang terlalu ekstrem.

Perangkat kacamata Virtual Reality adalah hiburan yang cocok untuk digunakan dikala bosan. Maka menggunakan perangkat ini dengan tepat menjadi langkah bijak dalam memanfaatkan teknologi yang ada hari ini. Semoga tips diatas bermanfaat.

Posting Komentar untuk "4 Tips Nyaman Menggunakan Kacamata Virtual Reality"