4 Ragam Aktivitas Fisik untuk Memperkuat Imunitas di Masa Pandemi


Indoscholars.com - Saat ini nampaknya kesehatan menjadi sesuatu yang sangat mahal harganya. Pandemi mengajari kita banyak kebaikan salah satunya adalah pola hidup sehat. Olahraga rutin merupakan salah satu upaya baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Penting untuk dicatat bahwa olahraga bukanlah sesuatu yang memberatkan, melainkan harus sesuai takaran. Melihat diri sendiri adalah kunci untuk mengetahui porsi olahraga yang diperlukan tubuh.

Selain olahraga tubuh juga memerlukan gizi yang cukup, maka penting untuk memperhatikan makanan yang masuk ke perut kita. Upaya lain untuk menjaga keseatan kita adalah dengan istirahat yang cukup, jangan memaksakan diri untuk beraktivitas apabila tubuh mulai merasa lelah.

Meningkatnya Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh sangat berpengaruh dalam mencegah penyakit yang menyerang tubuh kita. Olahraga diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga baik untuk menangkal berbagai penyakit termasuk virus corona yang sedang ramai diperbincangkan.

Untuk itu penting bagi siapapun tetap melakukan olahraga meskipun sedang dirumah. Organisasi kesehatan dunia menyarankan hal serupa. Hal ini bukan sekedar formalitas, sebab memang jelas bahwa olahraga dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan baik.

Di dalam tubuh terdapat sel imunitas yang terkumpul di beberapa jaringan tubuh seperti limpa. Olahraga menjadikan bagian tubuh tertentu berkontraksi sehingga memperlancar aliran darah dan juga getah bening. Hal ini diharapkan tubuh mampu membasmi beragam virus dan penyakit lainnya yang menjangkiti tubuh.

Olahraga yang tepat dapat membantu sel imuitas kita sehingga tubuh kita mampu menemukan patogen ataupun virus. Lalu tubuh kia dapat membasmi patogen ataupun virus tersebut. Respon tubuh dalam menjaga kekeabalan tubuh sesuai dengan intensitas olahraga kita. Untuk itu semakin kita rutin olahraga maka tubuh pun akan semakin baik imunitasnya.

Olahraga memiliki manfaat yang lain seperti mengurangi peradangan pada tubuh. Saat tubuh mengalami apa yang disebut peradangan maka tubuh orang tersebut akan lebih sulit menangkal virus. Infeksi dari virus akan menjadi sulit dielakkan.

Di masa dimana kita lebih banyak waktu dirumah ini seyogyanya kita manfaatkan dengan baik. Kita dapat melakukan olahraga dirumah. Hal ini akan memberikan manfaat lebih bagi kita untuk senantiasa menjaga daya tahan tubuh.

Menurut beberapa tenaga kesehatan terdapat beberapa saran olahraga yang baik bagi tubuh yang bisa dilakukan dirumah. Selain untuk menjaga jarak dan menggunakan alat olahraga secara bergantian, olahraga dapat menjadi alternatif mengatasi kebosanan kala dirumah. Berikut beberapa saran yang bisa kamu coba.

· Jalan cepat

Banyak orang yang meremehkan olahraga jalan cepat, padahal olahraga ini masuk kategori olahraga aerobik yang baik untuk menjaga tubuh tetap bugar. Jalan cepat yang dilakukan dirumah cenderung lebih menyenangkan. Kamu bisa melakukannya selama 10-15 menit dan dilakukan dua hingga tiga kali dalam sehari.

· Naik turun tangga

Bila dirumah terdapat lebih dari satu lantai, aktivitas naik turun tangga adalah olahraga yang simple tapi tetap efektif. Olahraga ini juga masuk dalam jenis olahraga aerobik. Kamu bisa melakukan aktivitas ini 10-15 menit sebanyak dua atau tiga kali sehari.

· Senam

Senam merupakan solusi apabila dua aktivitas diatas dirasa membosankan. Senam dapat dilakukan dengan melihat panduan yang ada di youtube. Beragam jenis senam terdapat di youtube, kamu bisa memilih sesuai selera. Senam sendiri memiliki banyak jenis, diantaranya yoga, pilates, zumba, ataupun modern dance.

· Latihan kekuatan otot

Olahraga untuk melatih kekuatan otot banyak jenisnya. Di internet sendiri terdapat banyak sekali tutorial untuk melatih otot, seperti push up, squat, lunges dan yang sejenisnya. Tapi untuk olahraga yang cukup besar energi yang dibutuhkan, intensitas haruslah diperhatikan.

Sebaiknya segala jenis olahraga yang dilakukan tidak dipaksakan, melainkan sesuai kemampuan. Intensitas yang sedang lebih disarankan, sebab apabila terlalu berat intensitasnya justru bisa menurunkan ketahanan tubuh.

Cara mudah membedakan apakah intensitas kita berlebihan bagi tubuh adalah dengan melihat apakah kita masih bisa berbicara saat olahraga. Ketika intensitas kita sedang, kita masih mampu berbicara meski terengah-engah. Sementara itu bila kita sulit berbicara karena nafas terasa berat itu menandakan intensitas olahraga kita terlalu berat bagi kita.

Posting Komentar untuk "4 Ragam Aktivitas Fisik untuk Memperkuat Imunitas di Masa Pandemi"