Beragam Acara Menarik di Masa Pandemi yang Wajib Kamu Coba


Indoscholars.com - Di Indonesia sendiri masa pandemi ini sudah berlangsung satu tahun lebih. Beragam kegiatan yang berdampak pada besarnya massa dibatasi sedemikian rupa. Banyak event yang dilarang untuk diadakan. Sehingga acara offline pun jarang kita temui. Padahal kita tahu sebelumnya event di Indonesia mayoritas adalah event yang melibatkan banyak massa, diantaranya konser musik.

Kini untuk membiasakan diri di situasi pandemi munculah beragam kreasi event yang dilakukan secara online. Inovasi semacam ini menjadikan banyak kalangan mampu tetap menyelenggarakan kegiatannya tanpa merasa khawatir menimbulkan kerumunan secara langsung.

Berikut beberapa ide kegiatan yang bisa menjadi insight selama pandemi:

Pertama, konser online.

Di Indonesia, konser musik adalah satu hiburan yang memiliki banyak peminat. Namun di masa pandemi sekarang ini, konser musik mejadi sesuatu yang sulit diadakan sebab tentu akan mengakibatkan kerumunan. Hal ini menjadikan konser musik dilarang oleh pemberi kebijakan.

Maka dengan adanya situasi tersebut para musisi kemudian memutar otak hingga muncul inovasi baru. Salah satunya konser online yang telah digelar beberapa musisi. Diantaranya konser yang bertajuk amal oleh The Overtunes bertema “Virtual Mimpi di Tengah Pandemi”, Kunto Aji dengan konsernya “Mantra-Mantra Keroncong”, hingga musisi muda Mawar De Jongh dengan konsernya “Ruang Rindu”.

Kedua, Webinar atau Seminar Online

Kegiatan ini adalah kegiatan yang paling marak dilakukan oleh berbagai kalangan. Peran-peran sebagai akademisi, pejabat, hingga para pengusaha membutukan seminar online sebagai wadah untuk berbagi ilmu di masa pandemi. Seminar offline yang telah dirancang jauh sebelum pandemipun akhirnya berubah menjadi seminar online.

Webinar menjadi istilah yang umum di masyarakat hari ini. Ditambah lagi webinar yang ada saat ini banyak yang tersedia untuk umum dan memiliki ragam tema hingga menjadikan siapapun bisa bergabung.

Webinar seringkali menggunakan aplikasi zoom, ataupun google meet. Meski kemudian tak sedikit yang menggunakan layanan live streaming di Youtube, Facebook juga di Instagram sebagai sarana untuk webinar. Seminar online ini memudahkan interaksi bersama audiens tanpa harus berada di lokasi yang sama.

Ketiga, Give Away atau Kuis Online

Bila kita membuka sosial media maka kita akan jumpai banyak orang terkenal di negeri ini mengadakan give away dengan beragam hadiah menarik. Mulai dari artis, penyanyi, youtuber, hingga para pemiliki brand dan pengusaha sama-sama menggunakan kuis online untuk menarik perhatian masyarakat.

Tidak hanya public figure, beragam komunitas juga menawarkan berbagai hadiah untuk give away seperti voucher belanja, handphone, uang tunai, atau juga kendaraan bermotor. Banyak yang membenarkan bahwa pengadaan give away dapat menambah perhatian dari para penggemar.

Diantara persyaratan untuk mendapat give away adalah memberikan komentar menarik atau juga menjawab pertanyaan di berbagai channel. Hal ini menjadikan jumlah audiens pun bertambah secara signifikan.

Ketika beragam event sudah masuk dalam list rencana kegiatan. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan hal-hal untuk menunjang kegiatan tersebut. Beberapa diantaranya sebagai berikut.

Pertama, mematangkan konsep kegiatan.

Saat perencanaan kegiatan hal utama yang harus diertimbangkan adalah tema kegiatan, siapa yang hendak dituju. Hal ini akan membuat kegiatan kita terarah dan memastikan kegiatan kita bermanfaat bagi semua partisipan.

Selain mengemas kegiatan agar bermanfaat, kita harus memastikan bahwa kegiatan itu dapat menghibur. Meskipun kegiatan tersebut mengandung segudang ilmu, apabila kemasannya terlalu kaku maka audiens lebih cepat meninggalkan forum. Untuk itu penting membingkai kegiatan dengan menarik dan menghibur terutama di masa pandemi saat ini.

Kedua, menemukan cara yang tepat untuk promosi.

Sebuah kegiatan akan mendapat banyak perhatian saat media promosi yang digunakan efektif. Tidak mengherankan ketika promosi dikatakan sebagai ujung tombak dari suksesnya sebuah acara. Strategi promosi haruslah tepat sehingga acara yang akan digelar dapat diketahui khalayak umum.

Saat ini melakukan promosi jauh lebih mudah, sebab sudah banyak orang yang memiliki akun media sosial. Hal ini menjadikan sebuah informasi yang kita bagikan di sosial media mampu menjangkau banyak pihak. Promosi ini perlu ditunjang dengan desain yang menarik, baik berupa visual maupun audio visual.

Ketiga, memastikan peralatan penunjang kegiatan siap.

Peralatan penunjang dalam kegiatan online tentu berupa peralatan multimedia. Peralatan ini banyak perangkatnya, mulai dari laptop, kamera, microphone, hingga greenscreen. Meski nampak banyak yang diperlukan, saat ini banyak tempat yang menyediakan jasa penyewaan peralatan multimedia.

Yang tidak kalah penting adalah kehadiran operator saat kegiatan berlangsung. Operator ini akan membantu apabila ada kesalahan teknis selama kegiatan berlangsung. Maka ebih diutamakan operator adalah seseorang yang mengerti tentang multimedia dan beragam fiturnya.

Posting Komentar untuk "Beragam Acara Menarik di Masa Pandemi yang Wajib Kamu Coba"

List Blog Keren Rajabacklink