Mengubah Atap Rumah Jadi Lahan Sayur-mayur dan Tanaman Hias

Mengubah Atap Rumah Jadi Lahan Sayur-mayur

Dalam dunia desain dan konstruksi, ada konsep green roof atau atap hijau yang merupakan strategi pemanfaatan ruang terbuka untuk mengelola air hujan dan mengurangi konsumsi energi bangunan. Atap dengan konsep ini dibangun di atas atap dak beton yang sudah dilapisi membran tahan air, sehingga dapat ditanami oleh berbagai macam varietas tanaman. Jika tertarik, berikut langkah mengubah atap rumah menjadi lahan tanaman hias dan sayur-mayur.

Kroscek tingkat waterproofing


Seperti yang sudah disebutkan di atas, penghijauan atap rumah dilakukan pada area atap yang sudah dilapisi membran tahan air atau waterproof. Nah untuk memastikan lapisan ini sudah sesuai dan mampu menahan air, Anda dapat coba menggenangi area atap itu terlebih dahulu dengan sejumlah air selama beberapa hari. Jika sudah yakin tidak ada kebocoran yang terjadi, Anda dapat melanjutkan ke langkah kedua.

Buat sistem drainase

Selanjutnya, buatlah sistem drainase untuk tanaman hias dan sayur-mayur yang akan Anda tumbuhkan di dalam pot. Sistem ini bertujuan untuk mengontrol jumlah air dalam tanah, sehingga tanah dalam setiap pot tanaman dan sayuran tidak menyimpan air berlebih. Selain mengontrol tingkatan air, sistem drainse juga berfungsi meneruskan proses reasapan air di dalam tanah menuju tempat pembuangan.

Pilih dan siapkan jenis atap dan tanaman

Setelah waterproof terpasang sempurna dan sistem drainase bekerja normal, Anda dapat menentukan pilihan atas jenis tanaman hias dan sayur-mayur yang hendak Anda tempatkan pada atap rumah. Untuk urusan ini, opsinya akan banyak sekali karena atap hijau terbagi ke dalam beberapa jenis, yang disesuaikan dengan kedalaman media tanah. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih jenis atap mana yang akan Anda jadikan media tanam terlebih dahulu. Kemudian, tentukan jenis tanaman yang akan Anda tanam pada media tanam tersebut.

Lakukan penanaman

Langkah terakhir untuk mengubah atap rumah jadi kebun sayur-mayur dan tanaman hias adalah bekerja untuk melakukan penanaman. Ambillah setiap bibit sayuran atau tanaman hias yang akan Anda tempatkan pada media tanam di atas atap rumah. Tanam setiap tumbuhan tersebut sesuai ide atau keinginan Anda. Terakhir, letakkan media-media tanam tersebut dengan rapi di seluruh area atap.

Mudah saja, kan, cara mengubah atap rumah jadi area tanam-menanam? Gak percaya? Silakan coba aja sendiri!

Posting Komentar untuk "Mengubah Atap Rumah Jadi Lahan Sayur-mayur dan Tanaman Hias"

List Blog Keren Rajabacklink