Serba Serbi Wawancara Beasiswa yang Penting Untuk Diketahui

Indoscholars - Memperoleh beasiswa terlebih lagi beasiswa fully funded adalah harapan banyak pelajar dan juga mahasiswa. Namun untuk mendapatkan beasiswa ada banyak tahapan yang harus ditempuh.

Terlebih lagi untuk beasiswa ke luar negeri baik itu untuk sarjana maupun pasca sarjana. Salah satu tahapan yang tidak bisa dilewatkan yaitu tahapan wawancara. Tahapan ini biasa dilakukan setelah tahapan administrasi selesai.

Mengapa Wawancara Sangat Penting?

Berbeda dengan tahapan administrasi yang berurusan dengan berkas persyaratan, tujuan tahapan wawancara lebih kepada pengenalan kepribadian. Tahapan ini dilakukan oleh penyedia beasiswa kepada calon penerima beasiswa.

Pada umumnya wawancara hanya berlangsung selama 15 hingga 45 menit saja. Wawancara seringkali diletakkan di bagian akhir proses seleksi. 

Maka ketika seorang calon penerima beasiswa memasuki tahap wawancara, maka hanya Tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan beasiswa.

Wawancara memang selalu bertujuan untuk mengenal pribadi calon penerima beasiswa lebih dalam lagi. Sehingga kamu perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum memasuki tahapan ini.

Persiapan Menuju Wawancara

Kamu perlu mempersiapkan wawancara dengan baik. Salah satunya adalah dengan mempelajari dokumen yang telah kamu kirimkan pada saat proses pendaftaran di awal.

Essay atau motivation letter yang kamu kirim bisa juga menjadi salah satu pertanyaan yang nantinya diajukan selama wawancara. Buatlah argumen terbaik terkait alasan mengapa kamu memilih mendaftar beasiswa tersebut.

Dikarenakan proses Wawancara adalah proses pengenalan tentang diri kamu. Maka kamu juga perlu mengetahui tentang kelemahan dan kelebihan yang kamu miliki.

Dengan begitu kamu akan lebih percaya diri karena kamu tahu apa yang menjadi pilihanmu. Selanjutnya latihlah dirimu untuk bisa menjawab pertanyaan apapun dengan tenang lalu berikan jawaban yang sesuai.

Pada Saat Proses Wawancara

Ketika menghadapi pewawancara hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah bersikap tenang dan percaya diri. Kedua hal ini penting untuk selalu kamu pegang ketika menghadapi pertanyaan demi pertanyaan.

Hindari untuk menjawab pertanyaan yang kamu sendiri tidak paham maksudnya. Tidak jadi masalah apabila kamu mengkonfirmasi pertanyaan yang diajukan. Hal ini penting agar jawaban yang kamu berikan tidak melenceng dari maksud pertanyaan itu sendiri.

Pada akhir sesi wawancara jangan lupa ucapkan terima kasih kepada pewawancara. Hal ini cukup berdampak karena akan memberikan kesan bahwa kamu menghargai proses wawancara yang telah berlangsung.

Hal Lain yang Perlu Dipertimbangkan

Ketika wawancara kenakan pakaian yang sopan dan nyaman. Usahakan untuk memilih warna yang netral dan hindari warna yang terlalu mencolok. Apabila wawancara dilakukan secara online, maka hindari penggunaan pakaian dengan motif garis-garis.

Perhatikan pula bahasa tubuh pada saat wawancara beasiswa berlangsung. Apabila kamu ingin mengekspresikan dengan gerakan tangan maka lakukan tanpa harus berlebihan.

Berlatih Bersama Schoters

Sebagai bagian persiapan untuk wawancara beasiswa yang kamu lakukan, kamu juga bisa menggunakan media bimbingan belajar untuk berlatih. Salah satu yang menyediakan hal ini adalah Schoters.

Skuters memiliki fasilitas berupa kelas persiapan wawancara beasiswa yang bisa kamu ikuti. Selain mempelajari tips dan trik wawancara beasiswa kamu nantinya juga akan bertemu dengan teman-teman dengan semangat yang sama.

Hal ini akan menambah rasa percaya diri kamu dan akan membuat kamu semakin siap menempuh setiap proses seleksi beasiswa. Jadi tunggu apa lagi segera bergabung dengan Schoters sekarang juga.

Posting Komentar untuk "Serba Serbi Wawancara Beasiswa yang Penting Untuk Diketahui"

List Blog Keren Rajabacklink