Dampak Buruk Narkoba Serta Alasan Mengapa Narkoba Mengakibatkan Candu

Indoscholars - Siapapun pasti setuju jika narkoba adalah musuh besar umat manusia. Dipandang dari aspek manapun penyalahgunaan narkoba tidak bisa dibenarkan. Mengingat banyak sekali dampak buruk yang diakibatkan oleh zat adiktif ini.

Pada fisik dampak dari narkoba yang terlihat adalah mata yang memerah, penurunan nafsu makan hingga perubahan berat badan yang signifikan. Namun di samping itu ada hal yang lebih mengerikan yaitu dampak pada fungsi otak manusia.

Dampak Buruk Narkoba Pada Otak

Pada saat seseorang mengkonsumsi narkoba, zat pada narkoba tersebut mengalir di dalam peredaran darah manusia. Ketika zat adiktif ini sampai pada otak, maka dampak buruk akan segera terasa.

Menurut berita yang dilansir Investor, seseorang yang kecanduan narkoba akan kehilangan kontrol sehingga mereka tetap mengkonsumsi obat-obatan tersebut meski mendatangkan bahaya bagi tubuh.

Secara ringkas berikut ini beberapa dampak buruk yang ditimbulkan oleh narkoba. Simak penjelasan ini hingga akhir.

Memanipulasi Perilaku dan Mood

Narkoba disebut sebagai zat psikoaktif karena zat ini mampu memanipulasi pikiran dan mood seseorang. Seseorang yang mengkonsumsi narkoba akan kehilangan kesadaran dan menghambat fungsi otak.

Suasana hati dan juga perasaan akan berubah ketika mengkonsumsi narkoba. Sehingga orang tersebut akan merasakan nikmat saat mengkonsumsi obat terlarang itu. Lalu timbul rasa candu pada zat tersebut.

Merangsang Otak Bekerja Lebih Keras

Dampak narkoba memang beragam. Namun beberapa faktor bisa membuat orang yang mengkonsumsi narkoba justru akan terpacu lebih semangatnya. Mereka akan lebih bersemangat dan aktif. Badan juga akan kurasa lebih segar serta rasa percaya diri meningkat.

Namun di sisi lain mereka akan merasa suka tidur dan lebih mudah merasa khawatir dan was-was. Beberapa jenis narkoba yang menyebabkan gejala ini adalah kokain, shabu serta ekstasi.

Berhalusinasi

Konsumsi narkoba secara berlebihan mengakibatkan efek halusinasi. Halusinasi yang muncul berbeda pada masing-masing orang. Hal ini berkaitan dengan suasana hati dan pikiran masing-masing.

Mengapa Narkoba Mengakibatkan Candu?

Sebagaimana sempat disinggung di awal, narkoba dapat memberikan efek bahagia pada diri orang yang mengkonsumsi zat tersebut. Hal ini lantas membuat mereka ketagihan dengan barang tersebut.

Saat ketagihan tersebut dituruti, maka hal tersebut berubah menjadi ketergantungan. Efeknya, saat seseorang tidak mengkonsumsi barang tersebut maka akan memunculkan reaksi pada tubuh.

Tubuh akan merasa tidak nyaman bahkan akan memberikan pemberontakan. Hal inilah yang orang awam mengenal dengan istilah sakau. Yaitu kondisi di mana para pecandu ini tidak bisa mengontrol dirinya untuk berusaha mendapatkan barang tersebut.

Gejala yang Muncul

Secara fisik gejala yang nampak adalah otot yang menegang, berkeringat, jantung berdebar-debar, mual dan juga muntah bahkan bisa mengakibatkan diare.

Adapun gejala secara emosional akan muncul perasaan tidak nyaman, depresi, mudah sekali terus sulit emosi, insomnia dan juga mengurung diri.

Langkah terbaik bagi seseorang yang sudah mulai merasakan ketagihan pada narkoba adalah segera melakukan pemulihan atau rehabilitasi.

Ini lebih baik dibanding ketika seorang baru rehabilitasi setelah sampai pada tahap kecanduan. Hal ini karena seseorang yang telah candu akan lebih sulit dan membutuhkan proses yang lama untuk sembuh.

Menjadi pribadi yang cerdas dalam menentukan perkara baik dan buruk adalah hal berharga guna menghindari diri dari musuh bersama ini.

Posting Komentar untuk "Dampak Buruk Narkoba Serta Alasan Mengapa Narkoba Mengakibatkan Candu"

List Blog Keren Rajabacklink