3 Tips Cegah Si Kecil Lakukan Gerakan Tutup Mulut Ketika MPASI

Indoscholars - Ketika si kecil telah memasuki usia 6 bulan, maka si kecil sudah siap untuk diberikan makanan pendamping ASI atau yang kita kenal dengan sebutan MPASI. Setiap bunda pasti akan sangat antusias pada fase ini.

Namun terkadang antusias bunda dalam memberikan menu MPASI 6 bulan tidak berbanding lurus dengan respon si kecil ketika makan. Meski begitu bunda tetap perlu memperhatikan ragam variasi MPASI agar si kecil selalu lahap ketika makan.

Pemberian menu MPASI 6 bulan seyogyanya dilakukan secara bertahap serta menyesuaikan dengan usia si kecil. Penyesuaian ini akan meminimalisir adanya kemungkinan gerakan tutup mulut yang dilakukan oleh si kecil.

Gerakan Tutup Mulut Si Kecil

Gerakan tutup mulut atau GTM adalah kondisi di mana si kecil enggan untuk melahap makanan yang ada di depannya. Faktor yang melatarbelakangi hal ini ada beragam. Mulai dari waktu hingga tekstur MPASI.

MPASI adalah tambahan nutrisi yang bisa membantu dalam proses pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Meski pengenalan makanan bertekstur pada si kecil ketika memulai MP ASI tidak mudah, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah GTM. Simak tips berikut ini.

Ciptakan Suasana yang Nyaman

Meski Bunda menginginkan si kecil makan dengan lahap, namun memaksa si kecil untuk makan adalah tindakan yang tidak disarankan. Hal ini bisa membuat si kecil merasa aktivitas makan adalah sesuatu yang menyebalkan.

Untuk itu menciptakan suasana yang nyaman bagi si kecil adalah cara yang harus Bunda lakukan pertama kali ketika memasuki tahapan MPASI. Dengan begitu sekecil akan mengetahui bahwa aktivitas makan adalah kegiatan yang menyenangkan.

Berikan Makanan yang Bervariasi

Salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab GTM adalah bosan pada makanan yang diberikan. Untuk mensiasati hal ini Bunda bisa mengantisipasi dengan memberikan makanan yang berbeda jenis pada si kecil.

Tekstur, warna, bau yang berbeda akan memberikan suasana baru bagi si kecil sehingga si kecil akan tertarik untuk makan. Tentu bunda harus tetap memperhatikan jenis MPASI di setiap perkembangan usia si kecil.

Makan Bersama Keluarga

Bunda tentu sepakat bahwa si kecil adalah peniru yang ulung. Aktivitas yang dilakukan oleh ayah dan bunda bisa menjadi sesuatu yang direkam oleh si kecil untuk dilakukan nya juga di kemudian hari.

Untuk itu si kecil yang terbiasa melihat ayah dan bunda makan di depannya, akan membuat si kecil lebih antusias makan dibandingkan dengan yang tidak pernah melihat pemandangan tersebut.

Untuk Bunda yang saat ini sedang memberikan menu MPASI 6 bulan pada si kecil dan menemui kesulitan, Bunda bisa bergabung di komunitas diskusi terutama terkait tumbuh kembang si kecil.

Salah satu platform digital yang menyediakan fitur ini adalah Merries.co.id. Platform digital ini bisa menjadi solusi bagi bunda untuk sharing dan mendapatkan informasi lebih luas terkait tumbuh kembang buah hati tercinta.

Untuk informasi lebih lengkap Bunda bisa kunjungi website Merries.co.id sekarang juga.

Posting Komentar untuk "3 Tips Cegah Si Kecil Lakukan Gerakan Tutup Mulut Ketika MPASI"

List Blog Keren Rajabacklink