Pembatasan Asupan Kalori Bisa Picu Berat Badan Naik Turun? Simak Penjelasan Ini

Indoscholars - Para pemerhati kesehatan tentu tidak asing lagi dengan istilah diet Yoyo. Sebagaimana permainan yoyo, diet Yoyo mengandung arti di mana berat badan seseorang bisa kembali naik setelah berhasil diturunkan sebelumnya.

Istilah lain yang bisa menggambarkan perubahan berat naik turun adalah Weight cycling. Istilah ini menunjukkan di mana seseorang yang telah menurunkan berat badannya tidak lama berselang setelah itu justru berat badannya bertambah.

Bagi kita yang ingin menghindari terjadinya diet Yoyo, kita perlu terlebih dahulu mengetahui apa saja yang bisa memicu ketidakstabilan berat badan naik turun ini.

Penyebab Berat Badan Naik Turun

Beberapa diantara penyebab dari berat badan naik turun adalah metode diet yang tidak sehat dan juga pembatasan asupan kalori yang tidak tepat. Kedua hal ini adalah pemicu seseorang mengalami Apa yang disebut dengan diet Yoyo.

Penurunan berat badan dengan cara minum pil pelangsing ataupun perubahan gaya hidup yang drastis bisa menambah terjadinya resiko diet Yoyo. Melakukan upaya penurunan berat badan yang instan tanpa melakukan olahraga akan menghasilkan berat badan cepat naik dan cepat turun.

Pembatasan Asupan Kalori

Pembatasan asupan kalori yang dilakukan d engan cara yang tidak tepat dan berlebihan memang bisa menurunkan berat badan, namun bukan melalui penurunan masa lemak tetapi masak otot. Hal ini bisa menurunkan laju proses metabolisme.

Proses metabolisme menurun, kita akan sulit menurunkan berat badan lagi sedih saat pembatasan asupan kalori sudah tidak kita lakukan lagi. Dengan begitu berat badan akan mudah sekali naik dan sulit turun.

Efek Berat Badan Naik Turun Pada Tubuh

Salah satu efek diet yoyo adalah lemak tubuh yang masih bertambah dibanding masa otot. Diet yoyok bisa menyebabkan risiko kenaikan berat badan karena persentasi komposisi lemak naik signifikan.

Ketika berat badan turun tubuh menjadi kehilangan masa otot dan lemak. Berkurangnya masa otot bisa menyebabkan kekuatan fisik ikut menurun. Untuk itu menambah asupan protein penting untuk dilakukan.

Efek Diet Yoyo Pada Kesehatan

Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang bisa bertambah resikonya bagi yang mengalami diet yoyo. Seperti kita tahu bahwa kenaikan berat badan yang berlebihan bisa menambah resiko penyakit ini.

Selain resiko penyakit jantung, penyakit seperti diabetes dan juga hipertensi bisa meningkat. Kedua penyakit ini mudah sekali menyerang sangat butuh memiliki berat badan yang sedang ideal.

Pencegahan Berat Badan Naik Turun

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan pembatasan asupan kalori. Pilihlah metode diet yang sehat dan realistis. Lalu tumbuhkan kesadaran ketika mengkonsumsi setiap makanan dan minuman. Perhatikan informasi gizi di setiap makanan yang hendak di konsumsi.

Langkah pencegahan berat badan naik lagi setelah turun adalah dengan olahraga yang rutin. Serta menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang instan dan perlu adanya proses.

Bagi kalian yang masih penasaran dengan segala informasi tentang diet yoyo, kalian bisa mengunjungi website Sirka di link https://sirka.io/blog/2022/08/10/diet-yoyo-berat-badan-turun-naik-tidak-konsisten-kenapa-ya/. Website ini menyediakan banyak informasi yang berkaitan dengan diet dan pola makan. Kunjungi website nya sekarang dan dapatkan informasi yang kamu butuhkan.

Posting Komentar untuk "Pembatasan Asupan Kalori Bisa Picu Berat Badan Naik Turun? Simak Penjelasan Ini"

List Blog Keren Rajabacklink