Perbedaan Laptop Gaming dengan Laptop Biasa yang Perlu Kamu Tahu


Indoscholars – Beberapa waktu terakhir industri e-sports menjadi cukup populer di dunia, begitu juga di Indonesia. Dengan begitu permintaan laptop gaming meningkat dari tahun ke tahun. Para gamer tidak segan membeli laptop gaming terbaik yang relatif lebih mahal dibanding laptop biasa.

Laptop gaming yang cukup murah di pasaran memiliki harga berkisar antara 10 hingga 100 juta rupiah. Bagi kalian yang menginginkan laptop gaming, kalian perlu memahami apa saja komponen serta perbedaan dengan laptop biasa.

Apa itu laptop gaming?

Secara umum laptop gaming adalah laptop yang dirancang khusus untuk bermain game online. Sehingga laptop gaming memiliki perbedaan dari segi komponen dengan laptop biasa. Laptop gaming memiliki spesifikasi yang tinggi.

Spesifikasi yang tinggi ini akan membuat laptop gaming mampu digunakan untuk game yang berat dengan lancar. Dari segi desain, jangan ditanya lagi. Laptop gaming memiliki desain yang kokoh dan lebih berat dibanding laptop biasa.

Di Indonesia sendiri harga laptop gaming masih relatif mahal. Bila laptop biasa bisa didapat dengan harga mulai 3 juta, laptop gaming bisa didapat dengan harga paling murah 10 juta. Maka tidak heran jika yang memiliki laptop gaming adalah para gamers yang serius di dunia e-sport.

Laptop Gaming dan Laptop Biasa

Kita perlu lebih cerdas ketika membeli suatu perangkat elektronik. Sebab tidak sedikit penjual yang menawarkan laptop gaming dengan harga murah. Namun ternyata laptop yang dijual adalah laptop biasa. Memahami perbedaan komponen dan fitur adalah hal yang penting.

Pertama, CPU.

CPU untuk laptop gaming sendiri memiliki beberapa jenis, tipe serta varian yang beragam. Sebelum membeli laptop gaming pastikan laptop tersebut mempunyai spesifikasi CPU generasi terbaru dengan seri yang dapat kita overclock.

Sebagai saran, untuk intel sebaiknya pilih CPU generasi ke-10 atau bahkan yang lebih baru seperti seri H, HK, HQ, KF dan juga K. Adapun untuk AMD, lebih baik pilih CPU Mobile yang berseri Ryzen 3000 ke atas yang memiliki seri H ataupun HX.

Kedua, GPU.

Spesifikasi GPU adalah komponen yang harus diperhatikan selanjutnya. Pilihlah laptop gaming yang dilengkapi dengan dedicated GPU, baik itu dari Nvidia seperti Nvidia RTX 2000 Series, GTX 1000 Series ataupun AMD seperti AMD Radeon RX 6000 Series. Maka berhati-hatilah ketika ada yang menawarkan laptop gaming tanpa dedicated GPU.

Ketiga, Sistem Pendingin.

Produk laptop yang ada saat ini kebanyakan telah dilengkapi dengan komponen pendingin. Namun laptop gaming dan laptop biasa memiliki perbedaan sistem pendingin. Sistem pendingin dari laptop gaming didesain lebih canggih untuk bisa kuat mengoperasikan game yang cukup berat.

Keempat, RAM dan SSD.

Secara umum laptop gaming memiliki kapasitas RAM dan SSD yang lebih tinggi dibanding dengan laptop biasa. Untuk itu penting bagi kalian yang hendak membeli laptop gaming untuk memahami lebih dahulu spesifikasi RAM serta SSD guna mengetahui performa serta menghindari dari kekeliruan.

Kelima, Fitur Pelengkap Gaming.

Fitur pelengkap yang paling umum untuk laptop gaming adalah keyboard backlight RGB serta monitor yang memiliki refresh rate yang tinggi. Selain untuk memperindah tampilan, keyboard backlight RGB memudahkan bermain game meski pencahayaan ruangan tidak terlalu baik.

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik

Saat ini laptop gaming terbaik yang merajai di Indonesia adalah ASUS ROG (Republic of Gamers). Dari berbagai review disampaikan bahwa laptop ASUS ROG memiliki spesifikasi yang cocok untuk bermain game.

ASUS ROG adalah rekomendasi laptop gaming terbaik 2023. ASUS ROG sendiri memiliki tiga seri yang berbeda satu sama lain yaitu ROG Flow, ROG Zephyrus serta ROG Strix. Bagi kalian yang ingin informasi lebih detail terkait spesifikasi laptop gaming ini kalian bisa kunjungi gonel.id.

Tidak hanya informasi terkait rekomendasi laptop gaming, kalian bisa temukan informasi seputar beragam teknologi canggih, digital marketing serta informasi penting yang lain di gonel.id. Jadi tunggu apa lagi, klik gonel.id sekarang. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Laptop Gaming dengan Laptop Biasa yang Perlu Kamu Tahu"

List Blog Keren Rajabacklink