Fakta Menarik Kuliah Jurusan Bisnis Digital di Era Digitalisasi

Indoscholars - Tidak hanya di Indonesia, bisnis digital beberapa tahun terakhir mengalami percepatan yang signifikan. Kita bisa lihat dari banyaknya marketplace yang bermunculan, hingga menjamurnya toko online di berbagai tempat. Tidak sedikit yang menjadikan ini sebagai peluang untuk membuka bisnis baru.

Banyak yang mengganggap jika membuka bisnis online itu mudah. Cukup  dengan membuat akun, memposting produk maka pelanggan akan berdatangan. Faktanya tidak semudah itu, banyak strategi yang perlu dipersiapkan.

Bagi kamu yang tertarik dengan bisnis online, start up digital, atau yang lainnya, belajar tentang bisnis digital sangatlah penting. Saat ini mulai bermunculan jurusan S1 Bisnis Digital di beberapa universitas yang bisa menjadi tempat terbaik untuk belajar tentang bisnis ini.

Apa itu Jurusan Bisnis Digital?

Jurusan ini adalah salah satu disiplin ilmu terapan yang mempelajari bagaimana cara merancang dan membangun suatu bisnis digital. Beberapa ilmu yang dikolaborasikan adalah manajemen, ekonomi, sistem informasi bahkan teknik informatika.

Dari penamaan saja kita bisa memahami bahwa jurusan ini memang dihadirkan untuk mempersiapkan anak muda agar mampu menguasai bidang digital hingga marketplace. Gelar yang didapat kelak adalah Sarjana Bisnis Digital (S.BD).

Lalu apa saja yang dipelajari?

Di dalam jurusan nanti kamu akan mengetahui bahwa terdapat banyak konsentrasi ilmu didalamnya, mulai dari start up digtal, e-commerce, online marketing, pemrograman dan masih banyak lagi. Tentu di masing-masing universitas terdapat perbedaan variasi konsentrasi ilmu.

Bagi kamu yang tetarik dengan media sosial, maka jurusan ini tepat untuk mengembangkan kemampuan kamu agar lebih bermanfaat. Tidak hanya soal teknologinya saja, kamu juga akan mempelajari teori dasar bisnis, manajemen, perilaku konsumen, kewirausahaan hingga inovasi bisnis.

Ilmu yang telah dipelajari semasa kuliah juga bisa kamu aplikasikan dengan adanya berbagai program seperti magang ataupun kerja praktik lapangan. Jurusan ini meski tergolong baru, namun peminatnya cukup banyak. Hal ini karena jurusan ini dinilai memiliki prospek yang baik saat ini.

Bagaimana prospek karir para lulusannya?

Dunia bisnis memang seolah tidak ada matinya. Perubahan zaman yang terjadi  saat ini tidak membuat dunia bisnis melempem, justru teknologi membantu dunia bisnis berkembang pesat. Banyak industri digital yang menguasai sendi sendi kehidupan. Miliaran transaksi telah terjadi di dunia digtal. Maka sumber daya manusia yang memahami bisnis digital akan diperlukan banyak perusahaan.

Para lulusannya bisa bekerja di berbagai tempat seperti e-commerce, perbankan, lembaga finansial, konsultan hingga analis data. Bagi kamu yang ingin membuka lapangan kerja, kamu bisa merintis bisnis bersama yang lain. Berbekal ilmu yang didapat, maka tantangan di dunia nyata akan menemukan solusinya.

Jurusan ini baik bagi kamu yang memiliki daya pikir yang kritis dan rasional. Sebab dalam dunia digital diperlukan daya kritis dalam memahami pasar. Sehingga keputusan dan analisa data yang dihasilkan akan memunculkan strategi baru yang tepat untuk pengembangan usaha.

Salah satu kampus di Indonesia yang mengajarkan bisnis digital adalah STIKOM Ambon. Untuk kamu yang memliki ketertarikan dan minat terhadap dunia digital, maka kampus ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu juga bisa mengunjungi alamat website dari STIKOM Ambon untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Bersiaplah menjadi bagian dari pelaku usaha di dunia bisnis digital!

Posting Komentar untuk "Fakta Menarik Kuliah Jurusan Bisnis Digital di Era Digitalisasi"